Thursday, May 15, 2014

S.H.F. Kamen Rider Kabuto Renewal Ver.



Kamen Rider Kabuto adalah Kamen Rider ke-7 dari seri Heisei. Desainnya mengambil bentuk dari kumbang badak Jepang serta sentuhan mekanik di seluruh badannya. Mungkin inilah figure paling kontroversial(?) yang pernah saya temui dan saya miliki. Banyak orang yang (mungkin) senang, marah karena sudah terlanjur beli yang versi lama, berpikir kalau Bandai mengikuti figure Figma karena figure ini memakai sistem peg di tangannya, sampai bingung kenapa Bandai menyiksa dompet mereka dengan mengeluarkan figure ini. Untungnya, saya adalah fans dari Kamen Rider Kabuto sehingga figure ini adalah salah satu figure yang paling saya nantikan dan tunggu-tunggu. Figure ini adalah versi remake dari figure Kabuto yang sudah pernah dirilis pada tahun 2007 sehingga detail, artikulasi, dan proporsi figure ini lebih baik daripada "kakak"nya.





Berikut adalah bagian depan, samping, dan belakang dari figure ini. Sudah terlihat jelas detail, warna serta proporsi figure ini lebih bagus dan lebih menyerupai kostum di TV Seriesnya. Banyak hal yang sudah ditambah serta diperbaiki dari Kabuto sebelumnya seperti : cat warna merah di telapak tangan, aksen hexagonal dipunggung Kabuto sudah diwarnai hitam, telapak kaki sudah diwarnai merah, serta proporsi yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Dan akhirnya figure ini disertai dengan gimmick tambahan yaitu tanduk di Kabuto Zecternya bisa digerakkan menyerupai gerakan saat Kabuto akan melakukan Rider Kicknya.





Berikut adalah perbandingan proporsi dari SHF Kamen Rider Kabuto Renewal Ver. dengan SHF Kamen Rider Kabuto (2007). Proporsi serta detail jauh lebih baik dan terlihat jelas ukurannya badan yang dimiliki juga berbeda.



  

Artikulasi dari figure ini juga melebihi perkiraan saya. Figure ini memiliki artikulasi yang jauh lebih baik serta karena beratnya yang cukup ringan, figure ini memiliki keseimbangan yang baik. Figure ini juga memiliki torso yang dapat digerakkan sehingga artikulasi menjadi lebih leluasa dan lebih baik. Namun menurut saya tambahan artikulasi ini mungkin tidak perlu karena saya tidak pernah menggunakannya sama sekali malahan menambah kerepotan saya dari mempose figure ini karena posisi dadanya tidak benar. 


Figure ini diberikan aksesoris tambahan : kunai gun dalam versi pistol serta kunai, tangan untuk memegang kunai gun versi pistol, tangan untuk memegang kunai gun versi kunai, tangan terbuka , tangan spesial untuk signature pose Kabuto yang menunjuk ke langit, serta rak kecil untuk tempat tangan. Setiap aksesoris memiliki detail dan warnya yang juga jauh lebih baik daripada sebelumnya. Dan seperti yang sudah kita lihat, figure ini tidak memakai sistem balljoint sehingga kelihatannya lebih baik namun artikulasinya lebih terbatas dibanding balljoint. 






Avalanche Smash!!


Menurut saya setiap tangan mungkin karena bahannya lebih keras dibanding tangan SHF sebelumnya sehingga lebih sulit untuk menggunakan senjata yang yelah disediakan. Rak tangan yang diberikan juga ide yang bagus namun tangannya kadang sulit dipasang di rak sehingga sering terlepas dengan sendirinya. 






Clock Up!!


"One, Two, Three..."

"Raida... Kick!"





"RIDER KICK!!"


"Ten no michi o Iki, Subete o Tsukasadoru otoko"
"Ikuze aibo", "Hai, aniki" (lah!?)



Kesimpulan : SHF Kamen Rider Kabuto Renewal Ver. adalah figure yang jauh lebih baik daripada versi tahun 2007 nya yang lebih mirip "mainan". Menurut saya ada hal positif dan negatif dari figure ini. Positif : Segala hal fisik yang kita lihat seperti detail, proporsi, warna, dan artikulasinya jauh lebih baik daripada yang sebelumnya sehingga inilah alasan mengapa anda membeli figure ini. Negatif : Figure ini masih memiliki banyak masalah dari qc issues yang saya lihat dari figure milik saya seperti masih ada lem mengeras yang tidak dibersihkan di salah satu tangannya, ada retakan di bagian bawah mata kiri bila kalian sadar, dan beberapa bagian badannya masih ada yang tidak rapi dipotong atau diukir. Lalu melihat harganya yang menurut saya di atas langit, figure ini tidak memiliki die-cast dan soft plastic sehingga ketika dipegang kesannya lebih rapuh daripada sebelumnya. Namun karena ini adalah seri pertama dari banyak Renewal yang akan datang, hal negatif di atas masih bisa saya maafkan dengan harapan kedepan figure Renewal lainnya jauh lebih baik dari ini. Saya merekomendasikan untuk mendapatkan figure ini bagi fans Kamen Rider Kabuto dan bagi yang ingin merasakan sensasinya memegang Renewal. Sekian Review saya dan sampai jumpa lagi!! ONORE DIKEIDO!!~





No comments:

Post a Comment